Pengertian
Search Engine Optimization/Optimasi Mesin Pencari (SEO) adalah trik yang dilakukan supaya web atau blog bisa berada dipuncak search engine. Jika posisi blog ataupun web berada diurutan teratas atau setidaknya di halaman pertama maka akan banyak trafik pengunjung yang akan di dapatkan. Sekarang SEO sudah menjadi strategi pemasaran yang ada di dunia maya. Dengan SEO kita bisa mendapatkan pelanggan yang akan membeli produk yang kita jual. Dan pada akhirnya SEO tersebut akan mendatangkan uang dengan sendirinya. Ada dua sisi dari SEO yaitu, SEO Off Page dan SEO On Page. Dan SEO sendiri terdiri dari dua macam aliran yaitu, Teknik Whitehat SEO dan Teknik Blackhat SEO. SEO bisa membangun kualitas suatu web yang kita kelola dan bisa juga menghancurkan web kita. Jika salah langkah dalam bermain SEO justru web kita posisinya akan hancur di SERP (Search Engine Result Page). SEO itu lumayan sulit dan dibutuhkan beberapa percobaan untuk bisa memahaminya. Karena cukup sulit jasa SEO dibutuhkan dalam mendongkrak posisi suatu website di SERP (Search Engine Result Page). Tentu saja di butuhkan biaya yang cukup mahal untuk menyewa jasa SEO yang berkualitas.
Sejarah
Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword). Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.
Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub, sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk memeringkat halaman web. Algoritma tersebut, yang dinamakan PageRank, merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas kualitas masing-masing link tersebut.
Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman web lain. Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki kualitas yang tinggi. Nilai sebuah link dari situs berkualitas tinggi seperti Yahoo! atau DMOZ dapat bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai link dari seratus situs web berkualitas rendah.
Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998 Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan. PageRank lantas menjadi standar baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs webnya memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian.
Webmaster Dan Mesin Pencari
Sejak tahun 1997 perusahaan mesin pencari menyadari bahwa beberapa [webmaster] (pengelola website) melakukan segala hal untuk dapat terindeks pada urutan teratas hasil pencarian, termasuk dengan cara-cara yang manipulatif dan ilegal. Infoseek, salah satu mesin pencari generasi pertama, melakukan perbaikan pada algortima mereka untuk mencegah manipulasi dengan "meta tag" yang tidak relevan.
Bagaimanapun, dalam beberapa hal mesin pencari juga menyadari nilai ekonomi yang besar dari peringkat hasil pencarian, dan mereka kadang-kadang memiliki kepentingan terselubung dari aktivitas perusahaan SEO. Beberapa perusahaan mesin pencari mengirim perwakilan atau menjadi tamu pada event-event rutin yang diselenggarakan komunitas SEO.
Mesin pencari besar seperti Google dan Yahoo! menyediakan program dan panduan yang memungkinkan webmaster mengoptimalkan situsnya agar terindeks dengan baik. Google menyediakan aplikasi Webmaster Tool (anda harus mempunyai akun di Google guna melihat tool ini) dan memperkenalkan sitemap berbasis XML standar mereka, sedangkan Yahoo! menyediakan program Site Explorer (juga harus login dengan akun pengguna Yahoo! anda) yang memungkinkan webmaster mendaftarkan URL situs, mengecek jumlah halaman web mereka yang telah terindeks di data-base Yahoo!, dan melihat informasi link masuk. Namun demikian mesin pencari tidak mentolerir metode SEO yang manipulatif dan menghalalkan segala cara.
Fungsi dan tujuan dari SEO
• Menaikkan page ranking sebuah website agar selalu terindex pada search engine sehingga website kita dapat ditampilkan di halaman utama
• Mendatangkan banyak trafik atau pengunjung ke website kita melalui hasil pencarian di mesin pencari
• Membantu meningkatkan pencapaian target penjualan melalui Rekomendasi web.
• Meminimalkan biaya pemasaran online.
• Membuat blog kita menjadi lebih terkenal.
• Membangun brand kita di dunia maya.
• Menambah skill dalam dunia internet.
1. GOOGLE
Tidak asing bagi pengguna internet dengan Search Engine yang satu ini. selain sering di gunakan untuk HomePage. Google juga sudah menarik hati para pengguna komputer.
Pengembang : Google Inc
Kelebihan yang di miliki :
1. Lebih Cepat dan mudah dalam mencari data
2. Canggih dan memiliki fitur yang baik
3. Memiliki tampilan yang simple dan menarik
4. Memilki pilihan data yang akan di cari (video, books, image. dst)
5.Google adalah serach engine yang memiliki cache yang di gunakan untuk menghemat waktu dalam pencarian.
2. YAHOO!
Yahoo!. Tidak asing di telinga para pengguna internet di seluruh manacanega. Fitur-fitur yang menarik dan asyik telah memikat pengunjung internet. Fitur pembuatan e-mail dari Yahoo, paling banyak di gunakan dan menjadi fitur kebanggaan Yahoo!.com.
Pengembang : Yahoo! Inc
kelebihan yang dimiliki :
1. memiliki tampilan utama yang menarik
2. Yahoo search selalu menampilkan kata-kata yang mirip dengan kata-kata kunci yang sedang dicari
3. Yahoo! search juga memeilki kecepatan dalam mencari data
4. yahoo! memeilki katalog web, yang dapat memepermudah mencari web yang telah di kunjungi.
5. Kita dapat log in (jika sudah memeilki aku nya) dan mendapatkan data yang lebih jelas.
3. BING
Telah banyak yang menegnal search Engine ini. BING merupakan revolusi dari search engine milik Microsoft yang lama yakni Kumo. Dengan ada nya BING yang juga sebagai pengganti Live Searchniscaya dapat membuat Microsoft meningkatkan urusan share bisnis nya.
Pengembangnya : Microsoft
Kelebihannya :
1. Mempunyai fasilitas instant answer. Yang memempukan BING untuk menampung smua jawaban
2. Dapat menampilkan cashback pada penelusuran online shop
3. Lebih lengkap dan luas dalam menemukan data-data terutama maslah image atau video nya
4. BING selalu menampilkan hasil pencarian yang ter-update
5. Menampilkan pop up di text pada hasil pencarian yang disentuh oleh mouse pengguna
4. ASK.Com
Ask.Com merupakan Search Engine yang tidak beda jauh dengan Google. Markas besar ask.com terletak di Oakland, California, USA dan di bawah kekuasaan Inter Active Corp.
Pengembangnya : Garret Gruener dan David Warthen (California)
Kelebihannya :
1. Background dari Ask.Com dapat di ubah sesuka hati
2. Ask.com akan mencari jawaban yang tepat atas kata kunci yang di cari oleh pengguna
3. Canggih dan dapat menyediakan jawaban lebih luas serta lengkap
4. Keunggulan utamanya adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan anda.
5. Lycos
Lycos.. mungkin agak asing di telinga search engine yang satu ini. Akan tepapi Lycos juga tak kalah jauh dari search Engine yang lain nya.
Pengembangnya : Bob Davis (Lycos.Inc)
Kelebihannya :
1. Dapat mencari data dengan cepat
2. Lycos memilki keunggulan fitur bagi para remaja yakni “Fun Search” yang berisi tentang gosip, lagu yang ter-upToDate dari selebitis-selebritis ternama
3. lycos selalu menampilkan 50 pencarian terbaik/terbesar dalam halaman nya
4. Lycos juga akan menampilkan pencarian terbaiknya dalam pencarian MP & video nya
Kelemahanya
1. Google
Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.
2. Yahoo
loadingnya membutuhkan waktu yang lama . Walaupun orang orang menganggap kalau Yahoo ini search engine yang kurang , ternyata search engine ini kelemahanya sedikit
3. Bing
1. Fiturnya kurang lengkap
2. Hasil pencarian yang kurang luas
3. Yang masih berstatus beta kemungkinan besar masih memiliki bug di dalamnya
4. ASK.Com
a. Databasenya kecil
b. Fitur kurang lengkap
c. Dari segi tampilan di tinjau biasa saja karena lebih diandalkan dalam pencarian kata
d. Pencarian kata tidak ada filtering sehingga data yang tidak dicari semua diambil
e. Tidak adanya pengelompokkan data khususnya dalam pembukaan gambar.
5. Lycos
1. Untuk mencari berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map karena berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman depan.
2. Sering tidak spesifik karena datanya kebanyakan masih mengambil data dari mesin pencari Alltheweb yang tergolong paling lamban dalam pencarian data.
Dengan SEO maka kita bisa mendongkrak posisi artikel kita di hasil serp. Beberapa kesalahan dalam SEO mungkin sering dilakukan oleh para blogger. Mereka yang sangat bersemangat untuk mengoptimasi blognya sehingga lupa akan efek samping yang didapat. Banyak yang mengoptimasinya dengan OVER ( Berlebihan ) seperti Ping terlalu banyak. Mencari jalan dengan cara Black Hat SEO. Tentunya dengan cara yang berlebihan akan membuat blog atau website tidak terindeks mesin pencari. Definisi Pengertian SEO ( Search Engine Optimization ) harus dipahami dengan baik agar saat mengoptimasi tidak akan salah penggunaan.
nice info sangat menambah pengetahuan
BalasHapusstreaming music gratis